Rabu, 19 Desember 2012

Bakal Calon Bupati OKI bermunculan

Iskandar, SE adik kandung Ir. H. Hatta Rajasa sekarang Menko Kesra RI
KAYUAGUNG –  Pemilihan Umum Kepala Daerah  (pemilukada) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  tidak lama lagi, beberapa tokoh sudah mulai melakukan pencitraan diri dan menyatakan siap untuk maju dalam pemilukada OKI tahun 2013 mendatang.
Calon-calon tersebut yakni ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKI Yusuf Mekki, kemudian Aksweni yang saat ini menjabat sebagai wakil Ketua DPRD OKI, selanjutnya Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ISKANDAR, SE yang pernah menjadi satu-satunya lawan dari Bupati OKI saat ini, Ir Ishak Mekki ketika  maju dalam Pilkada OKI tahun 2009 yang lalu.
Kesiapan tokoh-tokoh tersebut untuk bertarung dalam Pemilukada OKI tahun 2013 mendatang, terlihat dari beberapa pernyataan mereka saat pertemuan Intern partai dan beberapa kegiatan Partai ditengah-tengah masyarakat. Bahkan semuanya sudah memasang sepanduk pencitraan diri di beberapa sudut Kabupaten OKI.
Menurut tokoh Pemuda OKI, Fisli Hartono SH, pelaksanaan Pilkada OKI tahun 2013 mendatang akan berlangsung lebih menarik, mengingat tidak ada calon Incumbent.” Dengan tidak adanya calon Incumbent, maka  semua calon sama-sama berpeluang untuk merebut OKI satu, apalagi ketiga tokoh yang ingin maju merupakan dari partai besar,” ujarnya.
Kesamaan peluang tersebut, menurut Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam OKI (uniski) ini, dapat dilihat dari latar belakang calon-calon tersebut, misalnya ISKANDAR, SE ketua DPW PAN Provinsi Sumatera Selatan saat ini, dan untuk Yusuf Mekki, selain dia adalah ketua DPC Partai PDIP. ”Dia juga sebagai ketua DPRD OKI saat ini, kemudian dia juga merupakan adik kandung dari Ishak Mekki (bupati OKI) sekarang,” terangnya.

Selanjutnya untuk Aksweni, menurut Fasli, dia merupakan Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS). partai PKS juga merupakan salah satu partai yang mendapat suara terbanyak di Pemilu Legislative.

”Sementara untuk Iskandar SE, dia pernah maju dalam Pilkada OKI tahun 2009 yang lalu,  sekaligus Ketua DPW Partai Amanat Nasional Provinsi Sumatera Selatan saat ini, dan adik kandungnya Ir. H. Hatta Rajasa Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menteri 3 Periode Presiden), otomatis dia sudah tahu peta kekuatan,” jelasnya.

I Made Indrawan kader PDIP yang juga saat ini duduk di DPRD OKI, mengatakan Sosok Yusuf Mekki merupakan satu-satunya kader yang akan didukung Partai untuk maju dalam Pilkada OKI.

”Posisi sebagai ketua DPC tentu sangat memberikan peluang bagi pak Yusuf Mekki untuk maju, apalagi PDIP juga sebagai pemenang pemilu legislative 2009 di kabupaten OKI,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh I Made, dalam pilkada OKI 2013 mendatang, akan lebih semarak, karena seluruh calon yang akan maju merupakan orang-orang baru.

”Pilkada untuk periode 2013-2018, tidak ada calon Incumbent, semuanya akan diikuti oleh orang-orang baru, ini tentu akan terlihat lebih seru,” tambahnya.
Menurut Marzuna, salah satu Kader PKS, membenarkan bahwa Akweni sudah menyatakan kesiapannya untuk maju dalam pilkada OKI 2013 mendatang, hal itu juga sudah disampaikannya saat beberapa kali kegiatan partai PKS di Lempuing dan Kecamatan lainya.

”Mulai saat inilah PKS harus berani mengusung Kadernya untuk maju dalam Pilkada di Kabupaten, satu-satunya kader yang akan kita calonkan adalah Aksweni,” bebernya.

Sementara itu nama-nama lainnya yang dikabarkan akan ikut meramaikan bursa pilkada OKI tampaknya belum menunjukan keseriusannya untuk maju, seperti Hj Tartila Ishak sebagai Ketua DPC Partai Demokrat OKI hingga saat ini terlihat masih malu-malu, demikian juga untuk Drs HM Amin Jalalen pensiunan Sekda OKI ini juga belum menunjukan keseriusannya untuk maju, sementara satu nama lainnnya adalah Juni Alpansuri, Ketua DPC Hanura OKI yang disebut sebagai kuda hitam ini belum menentukan sikap meski dukungan ditingkat bawah cukup kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar